Tugas UAS Rekayasa Perangkat Lunak

Nama : Dewi Purnama Sari
Nim : 161011700036
TUGAS UAS
Rekaya Perangkat Lunak


PEMBUATAN APLIKASI "Penjualan Online" DENGAN METODE ECONOMIC ORDER QUANTITY ( EOQ )

BAB I PENDAHULUAN

1.1.   Latar Belakang Penelitian
Dewasa ini, kemajuan teknologi informasi dan komunikasi semakin berkembang. Hal ini memudahkan manusia dalam mengolah data dan informasi sehingga kita tidak perlu lagi membuang banyak waktu, tenaga, dan uang. Teknologi Informasi dan Komunikasi bermanfaat dalam berbagai bidang, salah satunya dalam bidang ekonomi, yaitu Sistem Penjualan dan Pengendalian Persediaan Barang.
Penjualan merupakan kegiatan yang mempengaruhi jumlah persediaan, maka pengendalian jumlah persediaan barang harus diperhatikan. Jumlah persediaan yang terlalu besar ataupun terlalu kecil akan menimbulkan berbagai masalah. Kekurangan persediaan akan mengakibatkan adanya hambatan-hambatan pada proses selanjutnya. Kekurangan persediaan akan menimbulkan stock out sehingga akan mengakibatkan kekecewaan pada pelanggan bahkan perusahaan terancam kehilangan konsumen (loss sale). Sedangkan kelebihan persediaan akan menimbulkan biaya ekstra, seperti biaya gudang, dan biaya disamping berbagai resiko yang akan ditanggung. Oleh karena itu diperlukan kebijakan persediaan barang yang optimum. Pengendalian persediaan barang optimum dipengaruhi adanya waktu kedatangan barang (lead time) sehingga perlu adanya perhitungan yang tepat untuk menghindari keterlambatan datang barang. Keterlambatan barang datang juga dapat mengakibatkan stock out dan loss sale.

1.2              Permasalahan Penelitian
Berdasarkan latar belakang penelitian tersebut dapat dibuat sistem penjualan dan pengendalian persediaan barang dengan tujuan agar owner tidak salah dalam menginpu pesanan atau orderan customer yang dapat meminimalkan biaya dan dapat membantu pendataan jumlah bahan dan jumlah modal.

1.2.1        Indentifikasi Masalah
Identifikasi Masalah Dari beberapa uraian yang dikemukakan pada latar belakang, maka dapat diidentifikasi masalah-masalah sebagai berikut :
1.       Sistem pencatatan yang manual pada “Nadhifa” boutique menyulitkan pemilik dalam mencari informasi yang dibutuhkan dalam waktu yang cepat dan akurat.
2.       Laporan penjualan harian pada “Nadhifa” boutique tidak dibuat setiap hari, hal ini menyulitkan pemilik untuk memperoleh informasi penjualan setiap harinya.
3.       Daerah pemasaran yang terbatas diduga menjadi salah satu faktor menurunnya pendapatan pada “Nadhifa” boutique, yaitu hanya sekitar toko tersebut.

1.2.2        Ruang Lingkup Masalah
Untuk menghindari permasalahan yang lebih luas dilakukkan pembatasan masalah sebagai berikut:
1.       Metode yang digunakan metode Determinisik yaitu Economic Order Quantity (EOQ) untuk penentuan data pesanan customer yang ekonomis dan penentuan reoder point.
2.      Data yang diambil adalah nama barang, harga barang, rata-rata lead time barang, data biaya pesan dan biaya simpan secara keseluruhan. Menggunakan Microsoft Excel untuk pembuatan databasenya.

1.2.3         Rumusan Masalah Masalah
Strategi untuk mengatasi masalah ini adalah dibuatnya sebuah aplikasi yang dapat menyimpan data customer dan informasi detail lainnya.

1.3              Tujuan dan Manfaat
Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah merancang sistem informasi penjualan dan pengendalian persediaan barang untuk menentukkan jumlah pemesanan yang optimal dan waktu pemesanan optimal. Dari hasil perancangan sistem ini diharapkan mampu memperlancar proses kegiatan penjualan dan pemesanan persediaan barang sehingga tidak terjadi kesalahan terhadap detail pesanan customer, sistem juga dapat membantu dalam pendataan barang dan pembuatan laporan penjualan dan pembelian barang. Sehingga perhitungan pembelian bahan dapat dilakukkan dengan baik dan terkontrol setiap waktu.
Dengan berhasilnya tujuan penelitian diatas, maka diharapkan mampu membantu owner melakukan kegiatan penjualan, pengadaan barang dan manfaat yang dapat diperoleh dari penelitian ini adalah:
1.      Dengan mengetahui jumlah optimal pemesanan serta waktu pemesanan yang optimal akan meminimumkan biaya persediaan pada penjualan online tersebut.
Dengan adanya pengendalian persediaan akan membantu owner dalam manajemen penegelolaan persediaan serta meminimumkan kejadian yang tidak diinginkan.

1.4              Metode Penelitian
Adapun jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitan kualitatif. Penelitian kualitatif merupakan penelitian tentang riset yang bersifat deskriptif dan cenderung menggunakan analisis. Proses dan makna (perspektif subjek) lebih ditonjolkan dalam penelitian kualitatif. Landasan teori dimanfaatkan sebagai pemandu agar fokus penelitian sesuai dengan fakta di lapangan. Selain itu landasan teori juga bermanfaat untuk memberikan gambaran umum tentang latar penelitian dan sebagai bahan pembahasan hasil penelitian. Tujuan menggunakan metode economic order quantity dikarenakan akan dilakukan eksperimen terhadap variabel-variabel input untuk menganalisa output yang dihasilkan.

BAB II LANDASAN TEORI

Aplikasi berbasis web adalah satuan aplikasi yang cukup luas. Wujud yang paling sederhana, web application dapat berupa serangkaian hypertext files yang terhubung dan memberikan informasi berupa teks dengan sedikit gambar atau grafik. Seiring dengan perkembangannya, kini web memiliki banyak fungsi, fitur, konten, juga terhubung dengan database korporasi dan aplikasi bisnis yang rumit.
Keuntungan merancang sistem informasi berbasis web, diantaranya yaitu:
1.      Meningkatkan kesadaran akan tersedianya suatu layanan, produksi industri atau kelompok.
2.      Bisa diakses selama 24 jam oleh pengguna
3.      Menstandarkan desain antar muka.
4.      Menciptakan suatu sistem yang dapat diperluas secara global bukan hanya lokal, sehingga mampu menjangkau orang- orang di tempat yang berjauhan tanpa mengkhawatirkan zona waktu lokasi mereka.

BAB III OBJEK PENELITIAN
3.1 Gambaran Umum
Butik Nadhifa adalah perusahaan yang bergerak di bidang online yaitu menjual berbagai macam pakaian muslimah, seperti : Gamis, Hijab, dan lain sebagainya. Perusahaan ini berdiri pada tahun 2010 dengan produk utamanya adalah wolfis. Usaha penjualan online ini pertama kali dimulai dengan penjualan sistem PO secara kecil-kecilan dan dikelola oleh seluruh keluarganya untuk memenuhi kebutuhan masyarakat.
3.1 Kondisi Saat ini
Analisis sistem yang sedang berjalan didefinisikan sebagai penguraian dari suatu sistem untuk mengidentifikasikan dan mengevaluasi permasalahan yang terjadi. Adapun kondisi saat ini owner masih bekerja secara manual ketika ingin menyimpan data customer
3.2  Permasalahan yang dihadapi
Saat ini kendala yang dihadapi adalah pada saat proses pemotongan catatan yang sudah diberikan oleh owner kepada tukang potong terkadang hilang, catatan pun terkadang banyak yang salah dikarena pencatatan masih manual menggunakan buku. Ataupun catatan suka tidak sesuai dengan keinginan customer karena salah penulisan.
3.3  Usulan Perbaikan
Usulan yang saya coba sampaikan adalah memanfaatkan aplikasi ini karena aplikasi ini dibuat khusus untuk menangani masalah tersebut sehingga meyimpan data customer dapat mudah dilakukan secara efektif dan juga efisien.

BAB IV Hasil dan Pembahasan
4.1  Koridor Umum
Mendukung agar aplikasi ini dapat bekerja dengan baik makan dibutuhkan :
1.      Komputer
2.      Software
3.      Jaringan Internet
4.2  Analisis Sistem Yang Sedang Berjalan

4.3  Flowmap yang diusulkan

4.4  Implikasi Penelitian 
Jadi dalam sistem ini dijelaskan bahwa aplikasi yang saya buat ini agar admin dapat menginput data customer tersebut yang otomatis akan tersimpan kedalam database agar tukang potong dapat mengambil hasil tersebut jika data orderan sudah di print.

BAB V KESIMPULAN DAN SARAN

5.1  Kesimpulan

Dari perancangan yang telah telah dilakukan dapat dilihat bahwa penggolahan data untuk menghasilkan informasi yang dibutuhkan dengan menggunakan sistem manual sangat tidak efektif dan efisien.
Sedangkan penggunaaan sistem yang baru dengan berbasis komputer khususnya dengan software aplikasi dekstop dengan pemograman vb dapat menghasilkan informasi yang berkualitas dan dapat membantu dalam proses pengambilan keputusan.

5.2  Saran

Penelitian yang dilakukan tentunya tidak terlepas dari pada kekurangan dan kelemahan. Oleh karena itu, untuk pengembangan sistem lebih lanjut, maka perlu diperhatikan beberapa hal berikut ini:
1.                  Fasilitas modul dalam sistem sebaiknya dilengkapi dengan modul hutang agar hasil pendapatan dapat terkontrol atau diketahui secara terperinci.
2.                  Fasilitas modul dalam sistem sebaiknya terhubung dengan pihak pemasok atau hak ases sistem ditambah untuk pemasok dengan batasan-batasan tertentu. Modul tersebut berfungsi agar pemasok dapat mengetahui total barangnya, sehingga pihak pemasok dapat melakukkan pengendalian persediaan barang yang ada ini bermanfaat  meminimalkan biaya pemesanan toko.
3.                                     Pada perhitungan EOQ sebaiknya perhitungan data permintaan dilakukan peramalan agar data permintaan lebih akurat. Begitupula dengan variabel biaya pemesanan dan biaya penyimpanan sebaiknya dihitung secara akurat.

4.                                     Pengembangan lebih lanjut terhadap antarmuka sistem, sehingga sistem dapat lebih mudah digunakan (user-friendly).

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tugas UTS Rekayasa Perangkat Lunak

Tugas UTS ( Pemograman Visual )